Selasa, 21 Mei 2013

Tips Memilih Notebook (Berdasarkan Harga dan Kebutuhan)


13582443831847131588
Di jaman modern seperti sekarang ini notebook bukanlah barang baru di masyarakat. Aplagi di era serba digital ini, kebutuhan akan teknologi sudah menjamur di berbagai lapisan masyarakat. Hal ini dimanfaatkan oleh berbagai vendor Notebook untuk meluncurkan berbagi varian dari notebooknya, sebut saja Asus, HP, Acer, MSI, Sony, dan bahkan vendor Lokal seperti Axio pun tak kalah dalam meluncurkan notebook, baik itu kelas low end, med end, hingga high end. Nah, kali ini penulis akan memberikan tips dalam memilih notebook sesuai dengan kebutuhan pengguna.  Untuk itu penulis telah membagi-bagi jenis notebook berdasarkan kebutuhan dan aktivitas pengguna. Check this out..

1. Performa rendah.
Notebook kelas ini hanya cocok digunakan untuk browsing internet, menonton dan mendengarkan konten multimedia, dan memainkan games ringan.

2. Performa sedang
Notebook jenis ini bisa digunakan dalam mengolah konten gambar, seperti editing gambar menggunakan photoshop, mendesain gambar melalui corel draw, dan juga bisa menonton konten multimedia yang sudah berdefinisi tinggi (HD).

3. Performa Tinggi
Notebook type ini sudah bisa diandalkan untuk berbagai kegiatan berat, seperti editing video, rendering video, bermain games HD, memainkan konten multimedia yang berdefinisi Full HD, dan juga multitasking (menjalankan berbagai macam aplikasi secara bersamaan).

4. Performa Sangat Tinggi
Notebook kelas ini benar-benar ditujukan komputasi kelas berat, seperti bermain games dalam resolusi Full HD, menjalankan aplikasi 3d kelas berat, dan juga menikmati konten 3D.
Nah, setelah mengetahui berbagai jenis/type Notebook, sekarang saatnya untuk memilih Notebook berdasarkan dana yang ada.

1. Rentang Harga 2-3 Juta
Untuk rentang harga seperti ini belum dapat ditemukan notebook yang bisa menjalankan aplikasi berat, tapi untuk rentang harga ini penulis merekomendasikan berbagai netbook yang sudah cukup mumpuni untuk berbagai kegiatan sehari-hari seperti memutar konten multimedia dan berkerja dengan office, yaitu :
· LENOVO IdeaPad S206
· ASUS Eee PC 1025C
· ACER Aspire One D270-26C

2. Rentang Harga 3-4 Juta
Di kisaran harga ini kurang lebih sama dengan rentang harga sebelumnya, tetapi pada kategori ini sudah bisa untuk memainkan game online entry level dan juga melakukan editing video dengan nyaman. Notebook yang penulis sarankan untuk rentang harga 3-4 Juta adalah :
· HP Pavilion 14-B009AU Sleekbook
· ASUS Notebook X43U-VX144D

3. Rentang Harga 4-5 Juta
Pada kategori ini performa merupakan hal yang wajib, tetapi performa disini terbagi menjadi 2 yaitu performa pada game atau secara keseluruhan. Untuk performa game biasanya didukung oleh prossecor Intel generasi kedua yaitu sandy bridge dengan kode i32xxx, hal itu biasanya dipadukan dengan jumlah RAM antara 2-4 Gb. List notebook pada kategori ini adalah:
· ASUS Notebook A45VD
· HP Notebook 1000-1111TU
· AXIOO Neon RNO.5.E45

4. Rentang Harga 5-6 Juta
Pilihan merk dan performa semakin terbuka lebar bagi pengguna, ditambah dengan harga seperti ini sudah bisa didapat notebook yang mempunyai prosesor intel core i52430 yang notabene sudah mempunyai fitur turbo boost, bahkan beberapa vendor sudah menyediakan notebook yang sudah mempunyai prosesor intel generasi ke tiga, yaitu ienovo. Untuk list notebook rentang harga 5-6 juta adalah :
· LENOVO IdeaPad G480 433
· ASUS Slimbook A46CM-WX091D
· SONY Vaio SVE14122CV

5. Rentang Harga 6-7 Juta
Performa premium sudah bisa ditemukan dalam kategori ini, selain itu di beberapa notebook juga menyediakan plihan yang menarik, baik dari hardware maupun software. Untuk itu notebook yang masuk perhatian penulis kali ini adalah :
· DELL Inspiron 5420
· FUJITSU LifeBook LH532V-V4-3210
· ACER Aspire V5-471G-53314G50MA

6. Rentang Harga 7-9 Juta.
Di rentang harga ini hanya satu yang penulis sarankan, yaitu Ultra Book!, ya Ultra book bentuknya yang  sangat tipis, ringan, kencang, dan baterai tahan lama tentu menjadi idaman bagi setiap pengguna notebook. Tapi, yang menjadi masalah adalah performa gaming dari Ultra book yang cenderung kurang bisa diandalkan untuk bermain game-game berat.

7. Rentang harga diatas 9 Juta
Pada kategori ini pengguna sudah bisa mendapatkan apa yang mereka inginkan, performa sudah jelas bagus, ditambah dengan komposisi hardware yang mantab yang membuat Notebook pada kategori ini bisa menjalankan aplikasi-aplikasi 3d kelas berat.

Nah, mungkin itulah tips yang bisa penulis berikan, tapi sebelum membeli notebook/netbook ada beberapa catatan yang harus diingat, yaitu:

1. Tanyakan pada diri anda sendiri mengenai notebook yang ingin anda beli, untuk kegiatan apa anda membeli notebook.

2. Bandingkan harga dari notebook yang akan anda beli, terkadang beberapa toko menawarkan harga yang berbeda-beda pada satu jenis notebook.

3. Upgrade memory/RAM notebook menjadi 4 GB, karena pada saat ini kebanyakan operating system menggunakn versi 64 bit.

4. Tanyakan masalah garansi untuk notebook yang akan anda beli.
Salam tekno!

http://teknologi.kompasiana.com/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar